10 Pertimbangan Penting Saat Membangun Garasi Mobil

October 04, 2020



Kepemilikan garasi menjadi hal penting bagi setiap pemilik kendaraan. Bahkan, Anda perlu terlebih dahulu mempersiapkannya sebelum merencanakan pembelian mobil. Di garasi, Anda dapat menyimpan unit kendaraan roda empat ataupun roda dua secara aman dan nyaman, yang tertutup dengan pintu garasi besi, kayu, aluminium ataupun upvc. Terlebih, beberapa wilayah di Indonesia telah memberlakukan sanksi bagi pemilik kendaraan yang memarkir mobilnya di pinggir jalan umum.

Karena fungsinya yang sangat penting, Anda perlu mendesain garasi mobil secara cermat. Dalam proses pembangunannya, ada 10 faktor yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Luas Garasi

Hal pertama berkaitan dengan ukuran luas garasi. Anda perlu memastikan bahwa garasi tersebut mampu menampung seluruh kendaraan yang dimiliki. Apalagi saat ini banyak orang yang tidak hanya mempunyai satu mobil, tetapi beberapa jenis unit kendaraan roda empat sekaligus, disesuaikan dengan tingkat kebutuhannya masing-masing.

Tidak hanya berkaitan dengan jumlah kendaraan, penentuan ukuran luas garasi juga perlu dilakukan dengan mempertimbangkan bentuk mobil. Ruang untuk kendaraan city car tentu berbeda jika dibandingkan dengan kendaraan MPV atau SUV. Perhatikan pula rencana di masa depan, apalagi ketika Anda punya keinginan membeli mobil lagi di kemudian hari.

2. Terpisah atau Menyatu?



Kalau Anda sudah menentukan ukuran garasi, tips selanjutnya berkaitan dengan desainnya. Umumnya, garasi didesain menyatu dengan bangunan utama disertai pintu penghubung antara keduanya. Namun, Anda juga punya pilihan mendirikan bangunan garasi secara terpisah.

Desain garasi menyatu bangunan utama memberi keuntungan ketika Anda ingin memakai kendaraan, tak perlu berjalan jauh untuk mengaksesnya. Sementara itu, garasi yang terpisah memberi keleluasaan ketika ingin memperoleh desain garasi yang unik dan berbeda.

3. Pertimbangkan Desain Garasi Serbaguna

Garasi memang mempunyai fungsi utama sebagai tempat penyimpanan kendaraan. Namun, Anda juga dapat mempertimbangkannya untuk ruang serbaguna. Tidak ada salahnya ketika Anda memilih menempatkan workshop menyatu dengan garasi. Selain itu, Anda bisa pula memakai garasi untuk tempat penyimpanan berbagai jenis perkakas.

Tak hanya bermanfaat sebagai gudang ataupun workshop, ada pula opsi memakai garasi untuk ruangan ekstra. Caranya adalah dengan membangun garasi bertingkat. Selanjutnya, Anda pun bisa menggunakan lantai dua garasi tersebut untuk berbagai keperluan. Kalau mau, Anda bisa pula menjadikannya untuk kamar tidur.

4. Lebar dan Tinggi Garasi



Pertimbangan berikutnya berkaitan dengan ukuran lebar dan tinggi openingan garasi, serta tingkat ketinggian atap bangunan garasi. Akses masuk kendaraan tidak hanya harus berukuran lebar, pastikan pula tidak terlalu rendah, apalagi kalau Anda mempunyai kendaraan yang memiliki ukuran yang cukup tinggi.

5. Lokasi

Pemilihan lokasi garasi juga perlu diperhatikan, apalagi penentuannya berpengaruh pada pengunaan model pintu garasi. Saat ini pilihan model pintu garasi sudah sangat variatif, seperti yang ditawarkan oleh WINA-SS. Anda dapat memilih pintu garasi jenis minimalis, modern, kontemporer, dan sebagainya.

6. Jenis Material Pintu Garasi



Garasi merupakan tempat Anda menyimpan kendaraan kesayangan. Oleh karena itu, pastikan bahwa desain bangunan terjamin aman. Solusinya, Anda dapat mempertimbangkan pemakaian pintu garasi besi sebagai pilihan utama. Penggunaan dan kekuatannya dapat menyulitkan ketika ada tamu tak diundang yang ingin membobol garasi.

Solusi tepat ketika ingin mengamankan garasi dengan pintu dari material besi berkualitas, bisa Anda dapatkan dari WINA-SS. Terdapat tiga kategori pintu garasi yang bisa Anda temukan, yakni:
  • PB1 - WINA 

PB1-WINA merupakan jenis pintu garasi dengan bahan plat 2 mm. Pengunaan komponen tipe W-600 membuatnya tampak kuat dan kokoh.

  • PB2 - WINA

Selanjutnya, ada pula jenis pintu PB2-WINA. Pilihan pintu garasi besi jenis ini memakai komponen tipe W-5100. Bahan pintu garasi besi menggunakan bahan plat 2 mm untuk frame samping, sedangkan untuk jalusi/louvre atau panel di tengah menggunakan bahan plat 1,2 mm.

  • PB-SS

Terakhir, tersedia pilihan pintu garasi besi tipe PB-SS. Pintu ini didesain menggunakan komponen tipe SS-60 yang mirip dengan tipe W-5100, tetapi mempunyai bentuk sayap minimalis. Bahan pintu garasi besi jenis PB-SS ini sama dengan jenis PB2-WINA.

Anda tak hanya memiliki keleluasaan berkat pilihan kategori tersebut. WINA-SS juga memberi kebebasan bagi para pelanggan terkait penggunaan material lain seperti bahan kaca. Ada pula opsi pemakaian aplikasi laser cutting yang mampu memberi hasil yang indah dan presisi.

7. Lokasi Akses Masuk

Banyak pemilik garasi mempertimbangkan penempatan pintu garasi yang secara langsung menghadap ke jalan. Keputusan ini memang sangat masuk akal karena dapat memangkas biaya pembangunan garasi. Terlebih, Anda juga perlu menyiapkan akses tambahan untuk masuk menuju ke garasi.

8. Material Atap



Seperti halnya ketika memutuskan membeli pintu garasi besi, pengunaan atap juga perlu pertimbangan matang. Hindari pemakaian material atap yang rawan bocor. Kalau sampai itu terjadi, tetesan air dari atap berpotensi merusak penampilan luar mobil. Tentunya, Anda tak menginginkan hal tersebut, bukan?

Tidak hanya atap, Anda juga perlu mengatur saluran air dengan baik. Tujuannya untuk menghindari adanya genangan air di dalam area garasi.

9. Kesesuaian Desain dengan Rumah

Kalau Anda memilih membangun garasi yang menyatu dengan bangunan rumah, jangan sembarangan mengatur desainnya. Pastikan bahwa penampilan garasi memiliki kesesuaian dengan desain bangunan utama. Sebagai contoh, jika Anda punya rumah bertema minimalis modern, pilih pula pintu garasi besi yang memberi kesan serupa.

10. Cermati Material Lantai



Terakhir, Anda juga harus memperhatikan pemakaian material lantai. Anda mungkin kerap mengedepankan pemilihan material yang bisa membuat garasi kian menarik. Namun, Anda juga perlu memastikan bahwa lantai tersebut sesuai dengan tingkat kebutuhan.

Alih-alih penampilannya, Anda perlu mengedepankan tingkat ketahanan material, apalagi kalau Anda memiliki kendaraan yang berbobot tinggi. Sebagai tambahan, hindari pula penggunaan material lantai yang licin.

Nah, itulah pertimbangan penting saat Anda ingin membangun garasi mobil terbaik di rumah. Dengan memakai pintu garasi besi berkualitas dari WINA-SS, material atap dan lantai yang berdaya tahan tinggi, serta desain sesuai kebutuhan, Anda tak perlu khawatir saat memarkir kendaraan di garasi.

Semoga bermanfaat dan Anda bisa memperoleh garasi terbaik sesuai keinginan!


Contact Us Via WhatsApp