7 Inspirasi Desain Garasi Mobil Kekinian dan Modern

September 20, 2020



Garasi mobil di rumah tak hanya berguna sebagai area parkir kendaraan kesayangan. Keberadaannya juga berpengaruh besar pada penampilan hunian secara keseluruhan. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan desain garasi selama proses pembangunan. Jangan sampai penampilannya tidak selaras dengan konsep bangunan utama.

Upaya menyelaraskan tampilan garasi dengan bangunan utama harus Anda perhatikan secara cermat. Untuk membantu Anda dalam mendesain garasi mobil, berikut ini tujuh inspirasi desain yang dapat dipertimbangkan:

1. Split Level



Inspirasi pertama adalah garasi mobil yang dibuat dengan desain split level. Anda dapat mempertimbangkannya saat mempunyai lahan terbatas dengan kontur tanah tak beraturan. Pemanfaatan desain ini membuat Anda tak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk meratakan permukaan tanah. Bahkan, kontur tak rata itu bisa menjadi nilai lebih yang membuat garasi terlihat unik.

Konsep garasi split level tak hanya memberi keuntungan dapat menghemat biaya pembangunan. Kesan modern terasa sangat kental ketika Anda memilih desain tampilan ini, apalagi kalau Anda menggunakan pintu garasi minimalis. Anda bisa menggunakan model pintu besi yang dikombinasikan dengan teknik laser cutting ataupun kaca.

2. Garasi Serba Putih



Warna putih sering digunakan untuk menghadirkan suasana bangunan modern. Pemakaian cat putih dapat membuat ruangan terkesan lebih luas dibandingkan ukuran aslinya. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir merasakan suasana bagian dalam garasi yang sempit meski dibangun pada lahan berukuran terbatas.

Meski menggunakan konsep garasi all white, Anda masih tetap bisa berkreasi agar suasananya tidak monoton. Pada bagian pintu, terdapat opsi memakai pintu garasi minimalis dengan warna pure white, broken white, ataupun ivory. Selain itu, gunakan pula tambahan bahan kaca sebagai variasi sekaligus sumber pencahayaan alami. Jadi, Anda pun tetap bisa memperoleh garasi all white yang cantik dan sekaligus memberi rasa nyaman.

3. Minimalis



Bagi warga perkotaan yang punya lahan sempit, konsep minimalis merupakan pilihan terbaik. Anda dapat pula mengusung tema tersebut saat berencana membangun garasi mobil. Untuk memberi suasana yang terlihat lebih luas, gunakan kombinasi warna putih dengan abu-abu. Disamping itu, pemilihan corak netral itu juga menimbulkan kesan clean.

Konsep minimalis tidak hanya memerlukan pemilihan warna yang tepat. Anda juga harus mempertimbangkan model pintu. Jangan sekedar memilih pintu garasi minimalis. Namun, Anda juga perlu mencermati kualitas material serta komponen (hardware) yang digunakan. Hindari produk yang berkualitas minimalis.

Dengan menggunakan produk WINA-SS, Anda dapat memperoleh pintu garasi minimalis berkualitas maksimal. Pilihan model dan warna yang tersedia juga berbagai macam bisa disesuaikan dengan konsep rumah.

4. Garasi Bergaya Skandinavia

Desain arsitektur bergaya Skandinavia saat ini tengah menjadi tren. Anda dapat memanfaatkan konsep ini ketika ingin membangun garasi mobil. Bangunan bergaya Skandinavia pun bakal sangat cocok ketika Anda memilih mendirikan garasi yang terpisah dari bangunan utama.

Kalau ingin mendirikan garasi berkonsep Skandinavia, pastikan untuk memilih corak netral seperti putih, abu-abu, beige, coklat, ataupun hitam. Gunakan pintu garasi yang mempunyai panel besar atau tambahkan material kaca yang juga berfungsi sebagai pencahayaan alami. Untuk pengunaan material pintu, Anda dapat mengkombinasikan antara bahan besi dengan kayu.

Penggunaan konsep Skandinavia bakal memberikan suasana unik dan alami di dalam garasi. Suasana didalamnya juga akan terkesan lapang. Ditambah lagi, desain bangunan seperti ini juga efektif untuk menekan biaya.

5. Industrial



Konsep bangunan industrial juga menawarkan pilihan menarik. Anda akan menemukan aura maskulin saat memilih model arsitektur ini. untuk memperoleh kesan tersebut, Anda dapat mendesain bagian atap tanpa disertai langit-langit (plafond). Selanjutnya, Anda dapat pula memilih untuk menampilkan dinding batu bata secara expose atau apa adanya.

Tak lupa, Anda dapat menguatkan kesan maskulin pada garasi berkonsep industrial dengan penggunaan material besi atau baja. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan produk pintu besi yang ditawarkan oleh WINA-SS. Terlebih, WINA-SS mempunyai model pintu garasi custom dan modern, seperti penggunaan teknik laser cutting, agar terlihat selaras ketika digunakan pada garasi yang berkonsep industrial.

6. Serbaguna



Garasi tidak hanya berguna sebagai tempat menyimpan kendaraan kesayangan. Pertimbangkan pula untuk membangun garasi mobil sebagai ruang serbaguna. Konsep seperti ini bakal sangat menguntungkan ketika Anda mempunyai lahan terbatas.

Anda punya banyak pertimbangan saat mendesain garasi sebagai ruang serbaguna. Banyak orang memilih garasi sebagai gudang atau workshop. Namun, pilihannya tak terbatas pada itu saja. Anda bisa pula menggunakan ruang di garasi sebagai ruang tamu cadangan, tempat bersantai, dapur, ruang laundry, ataupun gym pribadi.

Untuk mengakomodasi kebutuhan pemakaian ruang serbaguna itu, Anda perlu mempertimbangkan pemilihan pintu yang tepat. Pintu garasi minimalis yang mempunyai desain sederhana bisa Anda pertimbangkan. Selain itu, pertimbangkan pula faktor pencahayaan serta sirkulasi udara.

7. Garasi Samping Rumah

Banyak orang memilih menempatkan garasi di bagian tampilan tampak depan rumah dan menghadap secara langsung ke jalan. Namun, keputusan tersebut tidak berlaku mutlak. Anda dapat pula menempatkan garasi di posisi samping bangunan utama.

Saat menempatkan garasi di samping rumah, Anda dapat mendesainnya secara bebas sesuai selera. Namun, apapun pilihan desainnya, pastikan bahwa kendaraan tersimpan dengan aman, apalagi kasus pembobolan mobil cukup sering terjadi.

Sebagai upaya mengamankan kendaraan, hindari penggunaan garasi terbuka yang tanpa disertai pintu. Pilihan model dan warna pintu yang hendak dipakai juga perlu diperhatikan secara cermat. Anda tak hanya punya pertimbangan pintu garasi minimalis, tetapi bisa pula memakai model pintu dengan variasi panel atau jalusi (krepyak). 


Demikian tujuh inspirasi desain garasi yang dapat Anda manfaatkan. Hal penting saat membangun garasi, pastikan menggunakan pintu garasi dengan kualitas terbaik. WINA-SS dengan kepercayaan dan pengalaman selama lebih dari dua dekade, selain memberikan pintu garasi besi berkualitas juga pintu yang dibuat secara custom dapat mempercantik penampilan garasi.

Semoga bermanfaat!


Contact Us Via WhatsApp