Bingung Pilih Pintu Garasi Untuk Hunian, Cek Dulu Syarat Berikut!

July 04, 2020



Sebagai hunian, sebuah rumah harus aman dan nyaman. Rumah harus dapat melindungi penghuninya, termasuk harta benda yang dimiliki, dari ancaman atau gangguan pihak luar. Salah satu faktor yang berpengaruh dalam hal ini adalah kualitas pintu sebagai jalur keluar masuk ke rumah. Jika pintu tidak kuat dan bagus, resiko ancaman keamanan akan lebih besar.

Selain pintu rumah, ada pula pintu garasi yang umum diaplikasikan pada hunian. Berfungsi mengamankan kendaraan atau barang yang ada di dalam garasi, pintu garasi memiliki bentuk dan model yang agak berbeda dengan pintu rumah biasa. Ukurannya pun lebih besar sesuai dengan desain bidang garasi yang ditentukan.

Syarat Pintu Garasi Berkualitas



Seperti pintu pada umumnya, pintu garasi harus aman, kokoh, dan tahan lama agar berfungsi secara maksimal. Namun, bukan hanya itu saja yang perlu diperhatikan saat memilih pintu garasi. Berikut sejumlah syarat yang dapat membantu Anda menemukan pintu garasi berkualitas untuk hunian.

  • Bahan berdaya tahan tinggi

Faktor utama yang menentukan kualitas pintu garasi adalah bahan yang digunakan. Hal yang paling terlihat adalah pada pintu itu sendiri. Namun, selain itu ada komponen pendukung lain yang tidak bisa diabaikan, yaitu rel pintu, roda, engsel, bracket, dan stopper sliding. Ada pula aksesori lainnya berupa handel pintu, grendel, dan kunci.

Tiap komponen memiliki fungsi penting. Semuanya didesain untuk mendukung sistem kelancaran dan pengamanan pintu. Jika salah satu komponen rusak, secara umum pintu pun akan mengalami masalah sehingga tidak berfungsi optimal. Karena itu, sangat penting memperhatikan kualitas pintu secara keseluruhan sekaligus detail tiap komponennya.

Kualitas pintu garasi yang baik biasanya ditentukan oleh bahan yang digunakan. Bahan yang paling kuat dan tahan lama adalah besi. Material ini tidak lapuk atau dimakan rayap. Kualitas besi tetap bagus jika dirawat dengan baik, juga sekarang ini sudah dilapisi dengan powder coating. Selain memiliki daya tahan lama, besi pun bersifat kokoh dan lebih mampu menahan invasi dari luar.

  • Mudah dirawat



Jika pintu garasi tidak tahan lama, Anda jelas akan rugi karena harus sering merawat bahkan harus menggantinya. Selain berdaya tahan tinggi, syarat pintu garasi yang baik adalah mudah dirawat. Perawatan pintu maupun komponen yang rumit atau memerlukan banyak langkah akan merepotkan pengguna. Bisa saja perawatan pintu menjadi kurang diperhatikan sehingga cepat rusak. Atau, perawatan tetap dilakukan tetapi menyita banyak waktu.

Perawatan yang mudah didukung pula oleh material yang mudah dirawat. Artinya, Anda dapat melakukan proses pemeliharaan pintu jika tiap komponennya didesain secara praktis dan menjadi satu kesatuan dengan pintunya. Akan lebih baik jika penyedia jasa yang memasang pintu garasi menyediakan garansi selama beberapa waktu. Jika ada masalah dalam pemeliharaan, Anda bisa langsung menghubungi pihak terkait.

  • Tidak terpengaruh cuaca

Pintu garasi berhadapan langsung dengan udara terbuka. Jika sedang hujan, pintu garasi bisa jadi ikut terpapar. Begitu pula saat terkena sinar matahari yang panas. Pintu yang tidak tahan lama biasanya akan segera terpengaruh. Ada yang menjadi susut sehingga pintu menjadi kurang pas pada saat dibuka atau ditutup. Ada pula yang warnanya cepat berubah.

Sebagai bagian dari desain eksterior rumah, jangan biarkan pintu garasi dalam kondisi seadanya. Pastikan pintu yang Anda pilih tidak mudah terpengaruh karena cuaca. Pintu yang berkualitas biasanya akan memenuhi syarat ini. 

  • Memiliki model pilihan yang beragam



Garasi adalah ruang yang umumnya digunakan untuk menyimpan kendaraan. Bentuk garasi biasanya berupa ruang kosong yang cukup luas. Untuk bagian pemasangan dan bukaan pintu, ada beberapa sistem yang dapat dipilih, antara lain sistem sliding/geser, tikung ke samping tembok, dan sistem lipat. Pemilihan sistem pemasangan ini harus didasarkan pada desain garasi maupun faktor kepraktisannya.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari pintu garasi untuk rumah, salah satu brand yang menyediakan berbagai model pilihan adalah WINA-SS. Pintu WINA-SS memberikan beberapa opsi sistem pemasangan bagi pemilik rumah, sehingga lebih maksimal saat memilih sebelum mengambil keputusan.

  • Memiliki desain yang menarik

Kualitas pintu garasi juga dapat terlihat dari desainnya. Tidak hanya sebagai penutup garasi, pintu garasi perlu menjadi bagian dari konsep rumah secara keseluruhan. Jangan sampai, desain eksterior rumah terlihat kurang optimal hanya karena pintu garasi yang berbeda.

Pintu garasi yang terlihat bagus juga bisa menjadi salah satu ciri khas hunian Anda. Nah, di WINA-SS ada banyak pilihan model pintu, mulai dari minimalis, kontemporer, klasik, laser cutting dan lain sebagainya sesuai dengan desain rumah, sehingga hunian tampil lebih berkelas. Warna powder coating yang tersedia pun banyak, mulai dari warna putih yang terang hingga warna coklat dan hitam yang gelap. Semuanya tampak elegan jika diaplikasikan pada pintu garasi.  Pintu garasi WINA-SS yang dilapisi dengan powder coating ini untuk melindungi besi secara optimal. Selain itu, dengan powder coating, Anda pun tidak perlu khawatir pintu tergores karena permukaannya lebih keras.

  • Pintu dapat dibersihkan



Sebagai bagian dari rumah, pintu garasi juga bisa kotor akibat debu sehingga harus dibersihkan. Pada beberapa material, pembersihan dengan air dapat membuat warna terlihat kurang mantap lagi. Bahkan, dalam beberapa kasus ada pula yang menjadi rusak karena terkena air. Jadi, jika memilih pintu garasi untuk rumah Anda, pastikan jika pintu tersebut tidak rusak saat dibersihkan.


Nah, inilah sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh sebuah pintu garasi supaya dapat berfungsi maksimal. Jika Anda ingin membeli pintu garasi dengan kriteria tersebut, WINA-SS adalah produk yang sangat tepat. Produk pintu garasi maupun komponennya secara lengkap kini bisa dipesan secara online dengan mudah dan praktis. Jadi, Anda tanpa keluar rumah pun sudah bisa untuk memenuhi kebutuhan pintu garasi buat pembangunan atau renovasi.


Contact Us Via WhatsApp