Fitur yang Harus Dimiliki di Pintu Garasi Mobil dan Bagaimana Menentukan Desainnya

August 30, 2020



Selain berfungsi untuk menyimpan mobil, garasi juga bisa menjadi tempat untuk menyimpan berbagai perkakas yang dibutuhkan untuk memperbaiki rumah, mobil, dan lain-lain. Inilah mengapa, pintu garasi mobil harus bisa melindungi semua fungsi tersebut.

Dilihat dari tampak depan, pintu garasi bisa memakan hingga 40% dari proporsi eksterior. Hal tersebut bisa berarti pintu garasi cukup berperan dalam menentukan tampilan rumah. Garasi juga menjadi salah satu ruangan yang paling sering dipakai terutama jika Anda pergi ke luar rumah setiap hari. Maka dari itu, pemilihan material dan sistem bukaan pintu harus dilakukan secara mendetail agar tahan lama.

Biasanya, pintu garasi dibuat sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah. Terdapat berbagai jenis dan material yang bisa digunakan. Untuk menentukannya, Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis dan material pintu, serta apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan pilihan terbaik untuk pintu garasi Anda.

Fitur Pintu Garasi Mobil dengan Teknologi Terkini

Untuk memudahkan pengguna, pintu garasi saat ini sudah memiliki fitur yang memanfaatkan teknologi terkini. Misalnya saja, sensor untuk melihat apakah mobil sudah masuk ke garasi atau belum, atau remote control buka tutup pintu untuk memudahkan Anda jika harus bepergian setiap hari. Jika Anda membutuhkan teknologi serupa, fitur dibawah ini bisa menjadi pertimbangan. 

  • Pintu Garasi Mobil dengan Sensor


Saat ini, Anda bisa menyematkan sensor infra merah pada garasi. Fungsinya beragam, seperti memberi tahu Anda posisi parkir yang pas serta menutup pintu garasi secara otomatis setelah mobil masuk atau keluar. Karena sensor membaca pergerakan mobil dan mengukur jaraknya, Anda tidak perlu khawatir pintu garasi tertutup ketika mobil masih berada di ambang pintu.

  • Pintu Garasi Mobil Otomatis



Cara kerja pintu garasi otomatis mirip dengan sensor infra merah. Hanya saja, fungsi utamanya adalah membuka dan menutup pintu garasi ketika mobil keluar atau masuk garasi. Pintu garasi ini biasanya bekerja berdasarkan timer. Jadi, Anda bisa mengatur berapa lama pintu garasi bisa terbuka dan akan tertutup secara otomatis ketika waktu habis. Pengaturan dengan timer ini cocok untuk Anda yang pelupa atau tidak mau repot turun dari mobil untuk menutup garasi ketika mobil masuk atau keluar garasi.

  • Pintu Garasi Mobil dengan Remote Control



Fitur ini berguna untuk pengguna yang tinggal sendiri atau memiliki pintu garasi yang lebar. Ketika pergi ke luar atau datang ke rumah, Anda tinggal menekan tombol pada remote control untuk membuka atau menutup pintu garasi mobil. Jadi, tidak perlu membuang waktu untuk naik atau turun mobil karena pintu garasi bisa dikendalikan dari dalam mobil.

  • Menggunakan Tenaga Surya


Menyematkan fitur berteknologi berarti Anda membutuhkan aliran listrik untuk membuatnya bekerja. Agar hemat, Anda dapat mempertimbangkan untuk memasang panel surya. Jadi, panel tersebut akan menyimpan tenaga matahari dan mengalirkannya sebagai penggerak untuk pintu garasi, sensor, serta menyalakan lampu dalam garasi.

Semua hal tersebut dapat dikatakan sebagai fitur tambahan karena pintu garasi bisa tetap bekerja secara maksimal tanpa fitur tersebut. Namun, bagi sebagian orang yang menginginkan kemudahan dan kenyamanan, penambahan teknologi untuk garasi tampaknya merupakan suatu kebutuhan.

Tips Mendesain Garasi Mobil

Selain memiliki fitur yang aman, pintu garasi juga harus didesain agar sesuai dengan penampilan eksterior rumah. Model, material, fitur, serta perawatan jangka panjang perlu dipertimbangkan sejak awal perencanaan.



Setidaknya ada empat model pintu garasi mobil jika dilihat dari sistem bukaan, yaitu sistem geser/sliding, lipat, buka ke atas, dan sistem buka ke tembok samping/tikung. Berikut adalah penjelasan singkat untuk setiap model:

  • Sistem geser biasanya digunakan untuk garasi yang luas dengan menggeser lurus pintu ke samping kiri dan kanan. Kadang menggunakan rel ganda (double tracks) untuk lahan yang terbatas. Pintu untuk keluar masuk kendaraan pada rel ganda ini hanya terdapat pada salah satu sisi saja.
  • Sistem lipat digunakan apabila kondisi struktur dan fungsi bangunan tidak memungkinkan, atau tidak menginginkan ruangan garasi terdapat pintu didalamnya pada saat pintu terbuka, karena adanya lemari penyimpanan atau ruangan garasi yang terbatas. Kelemahan sistem lipat ini adalah adanya pengurangan lebar garasi bersih pada saat pintu terbuka, karena adanya penumpukkan pintu yang terlipat.
  • Sistem buka ke atas bisa dipilih untuk tampilan yang lebih rapi. Rel diletakkan secara vertikal hingga ke langit-langit garasi. Material yang digunakan biasanya berbahan tipis atau ringan untuk memudahkan buka tutup pintu. Apabila menggunakan motor otomatis, maka diperlukan tenaga motor yang besar. Karena bahan yang tipis atau ringan, faktor kekuatan dan keamanan juga perlu menjadi bahan pertimbangan.
  • Sistem tikung merupakan model yang paling sering digunakan karena tidak memakan banyak tempat dan bisa diaplikasikan dengan mudah. Garasi juga terlihat rapi ketika pintu terbuka.
Pengunaan sistem bukaan pintu sangat tergantung dengan luas lahan dan struktur bangunan. Terkadang, karena mengikuti bentuk dan pondasi rumah, terdapat pilar atau kolom struktur yang tidak dapat dihindarkan. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan dulu setiap sudut garasi untuk menentukan sistem bukaan pintu yang sesuai.

Jika Anda bekerja sama dengan tenaga profesional, biasanya mereka bisa memberikan saran mengenai sistem bukaan pintu yang terbaik untuk garasi Anda. Setelah itu, pemesanan dan pemasangan pintu garasi baru bisa dilakukan. Pemasangan pintu garasi biasanya dilakukan dalam waktu satu hingga dua hari, tergantung ukuran dan tingkat kesulitannya. 

Menentukan Material



Beberapa material yang umumnya dipilih untuk pintu garasi mobil adalah bahan kayu, besi, upvc, atau aluminium. Masing-masing material memiliki kelebihan dan kekurangan, serta memerlukan perawatan tersendiri.

Misalnya saja, jika tidak banyak terekspos udara atau matahari langsung, dan menginginkan nuansa lebih natural, pintu garasi berbahan kayu bisa dipilih. Sementara itu, pintu besi plat dengan finish powder coating seperti yang ditawarkan WINA-SS bisa menjadi pilihan untuk daya tahan yang lebih lama terhadap faktor cuaca atau tahan terhadap rayap.

Menambahkan Fitur



Fitur motor otomatis dengan remote control dan sensor bisa menjadi tambahan fungsi yang berguna bagi pintu garasi mobil. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan. Untuk menentukan fitur terbaik, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan ahlinya untuk melihat apakah sistem bukaan pintu garasi bisa ditambah dengan teknologi tersebut.

Jangan sampai fitur yang dipilih sebenarnya tidak dapat diaplikasikan ke garasi rumah Anda. Akhirnya, fitur tersebut malah tidak terpakai atau fungsinya jadi berkurang. Selain itu, pemanfaatan teknologi terkini untuk garasi mobil biasanya membutuhkan biaya yang cukup besar. Jadi, Anda perlu cermat dalam mempertimbangkan semua faktor.

Menyematkan Sistem Kunci



Yang tidak kalah pentingnya dalam teknologi fitur pintu garasi adalah sistem kunci. Apakah Anda akan menggunakan kunci konvensional dan gembok tambahan, atau memilih teknologi terkini seperti kunci dengan memasukkan kata kunci (password) atau dengan sensor. Tentu saja semua kembali kepada kebutuhan Anda. Misalnya saja, sensor dengan sidik jari bisa diterapkan dengan anggota keluarga yang aktif serta mempunyai mobilitas tinggi dengan sering ke luar masuk rumah. Sementara itu, kunci biasa lebih cocok untuk keluarga yang menginginkan sistem kunci yang simpel.

Memperhatikan Faktor Maintenance Jangka Panjang

Pertimbangan lain dalam memasang pintu garasi adalah perawatannya dalam jangka panjang. Dengan perawatan yang tepat, pintu garasi bisa tahan belasan hingga puluhan tahun. Bukan hanya awet, jika direncanakan dan dirawat dengan baik, biaya yang Anda keluarkan untuk membuat pintu garasi menjadi lebih efektif.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kebersihan pintu. Anda bisa merawatnya dengan memmbersihkannya menggunakan lap untuk menghilangkan debu yang menempel. Sebaiknya, lakukan hal ini secara teratur agar debu tidak menempel dan akan menjadi sulit dibersihkan.

Berikutnya adalah rel atas, rel bawah dan as roda yang ada pada pintu garasi. Biasanya, debu yang menumpuk dan pelumas yang kering bisa membuat rel dan as roda terasa berat ketika digunakan. Maka dari itu, pastikan Anda memberikan tambahan pelumas gemuk (grease) pada rel atas agar buka tutup pintu lebih lancar. Rel bawah dibersihkan secara teratur, dan pastikan selalu tetap kering. Gunakan minyak, bisa dari minyak mesin jahit untuk as roda.

Selain Pintu, Perhatikan Juga Material Lantai dan Atap Garasi



Meski terdengar sepele, ternyata lantai dan atap yang tepat juga menentukan fungsi garasi. Lantai perlu memiliki pondasi yang kuat terutama pada bagian penyimpanan mobil. Pondasi ini akan mencegah lantai dari retak atau bahkan amblas. Anda dapat memanfaatkan semen, pasir, dan kerikil untuk membuat cor pondasi agar semakin kuat.

Berikutnya, lantai garasi perlu menggunakan permukaan yang tepat. Jika Anda memilih untuk menggunakan keramik, pilihlah permukaan yang cukup kasar tetapi mudah dibersihkan. Permukaan keramik yang licin bisa membuat mobil tergelincir terutama dalam keadaan basah. Maka dari itu, sebaiknya pilih model yang bertekstur. Ukuran keramik tidak lebih dari 30x30 cm karena lebih kuat dalam menahan beban. Kelebihan dari keramik adalah pemukaannya yang cukup mudah dibersihkan terutama untuk kotoran yang sering ditemukan di garasi seperti oli atau kotoran dari ban mobil.

Alternatif lain untuk lantai garasi adalah dengan menggunakan beton bertekstur. Karena padat, lantai jenis ini tidak mudah amblas dan cocok untuk penggunaan jangka panjang. Lantai beton juga tidak gampang terlihat kotor terutama bagi Anda yang hobi bongkar pasang mesin atau memperbaiki kendaraan sendiri. Namun, untuk tetap terlihat bersih, Anda juga perlu membersihkan atau menyikatnya secara teratur.

Sebagian orang juga menggunakan batu alam sebagai lantai garasi karena dinilai kuat dan warnanya terlihat natural. Pilihan batu alam bisa dipertimbangkan untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan lantai garasi secara rutin.

Bagaimana dengan atap atau langit-langit garasi? Pertama, langit-langit garasi harus cukup tinggi untuk menampung mobil. Kedua, pencahayaan pun perlu dibuat terang. Jadi, Anda tidak kesulitan saat harus membetulkan mobil atau parkir di malam hari.

Kalau garasi Anda merupakan bangunan yang terpisah dari rumah, Anda perlu mempertimbangkan material atap yang tepat. Sebagai bahan pertimbangan, bahan asbes memang mudah diaplikasikan, namun cenderung menyimpan panas sehingga tidak baik untuk kendaraan. Sementara itu, bahan lain seperti alderon selain mudah untuk dipasang, juga menawarkan kelebihan lain yaitu lebih kedap suara.

Fungsi Tambahan Pada Garasi



Jika Anda memiliki garasi yang cukup luas, tidak ada salahnya membuat sebuah sistem penyimpanan yang tertata dengan rapi. Anda dapat menyimpan lemari atau rak untuk perkakas. Sebagian orang memanfaatkan sisa ruang di garasi sebagai tempat penyimpanan barang atau gudang. Garasi yang tertata dengan rapi akan memudahkan Anda di kemudian hari.

Jangan lupa, sediakan juga fiiting listrik dalam garasi yang akan sangat berguna ketika Anda harus membetulkan mobil, memasang lampu tambahan, dan fungsi lainnya. Alih-alih hanya menjadi tempat penyimpanan kendaraan, jadikan garasi sebagai tempat yang berfungsi maksimal.

Fungsi lain misalnya gantungan untuk sepeda atau penyimpanan peralatan hobi, diberikan sudut khusus untuk melakukan pekerjaan rumah atau hobi lainnya. Dengan demikian, garasi menjadi ruangan yang fungsional dan produktif, lebih dari sekedar menyimpan mobil dan gudang.

Kini, Anda Bisa Memesan Pintu Garasi dan Komponen Secara Online 




Ketika pertama kali membeli atau membangun rumah, mungkin banyak orang meletakkan garasi di prioritas bawah. Padahal banyak hal yang perlu diperhatikan pada saat membuat garasi dan memilih pintu garasi yang sesuai.

Sebab pintu garasi yang baik akan melindungi kendaraan dan rumah Anda dengan maksimal. Sementara itu, garasi yang didesain secara optimal dan sesuai kebutuhan, selain bisa menjadi tempat yang fungsional juga dapat diandalkan untuk keperluan hobi Anda.

Saat ini, Anda sudah bisa merasakan mudahnya memesan komponen pintu garasi mobil secara online. Caranya pun cukup mudah, Anda bisa langsung mengunjungi website: https://pintugarasiwinass.com atau berkonsultasi secara online mengenai kebutuhan pintu garasi Anda. Yang Anda perlukan adalah mengukur terlebih dahulu lebar dan tinggi opening garasi sehingga bisa dibuat perkiraan harga pintu garasinya, atau langsung menggunakan price calculator untuk mengetahui estimasi budgetnya.

Kelebihan Pintu Garasi WINA-SS



Salah satu kelebihan dari produk WINA dan SS yang ditawarkan adalah lengkap berikut komponennya (hardware). Anda dapat menemukan berbagai macam rel, roda, dan komponen lainnya sesuai dengan sistem bukaan pintu garasi yang diinginkan. Selain itu, semuanya menggunakan bahan yang dilapisi electro galvanized atau finish dengan teknik powder coating untuk meminimalisir karat. Jadi, Anda tidak perlu khawatir mengenai perawatan jangka panjang.

Untuk pintu garasi dari bahan kayu, agar lebih hemat, Anda bisa memilih Paket Komponen lengkap dengan rel, roda, handle, grendel, hingga kuncinya. Paket komponen ini tersedia untuk 4 hingga 8 daun pintu, sehingga lebih praktis dan tidak ribet. Sedangkan untuk kebutuhan rel, roda, dan komponen lainnya untuk pintu garasi sistem sliding, tikung dan lipat, sudah bisa dibeli secara online secara satuan. Hal ini semakin memudahkan Anda dalam mencari segala kebutuhan untuk pintu garasi.

Berbelanja langsung di website WINA-SS juga berarti Anda mendapatkan kesempatan untuk menikmati promo seperti cashback, diskon, program dengan kartu kredit, dan promo-promo menarik lainnya. Ini berarti, Anda bisa mulai merenovasi garasi tanpa harus menunggu waktu lama. Meskipun dilakukan secara online, transaksi pembelian juga aman karena melalui website resmi WINA-SS.

Nah, setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan pintu garasi mobil, apakah Anda sudah mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk pintu garasi Anda? Jika belum, hubungi WINA-SS dan konsultasikan semua kebutuhan pintu garasi Anda sekarang!


Contact Us Via WhatsApp