Ini Yang Perlu Anda Pertimbangkan Sebelum Memilih Pintu Garasi Besi

July 05, 2021


Saat merenovasi rumah, tentunya ada banyak hal yang menjadi fokus. Bagian dapur, kamar mandi, atau bahkan kamar tidur. Ada satu komponen yang tidak kalah pentingnya untuk dipikirkan, yaitu pintu garasi.

Pintu garasi sendiri sebenarnya bukan hanya fungsional, tetapi juga bisa menentukan tampilan tampak depan sebuah rumah. Materinya pun bermacam-macam, ada yang terbuat dari besi, aluminium maupun kayu. Masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Nah, bagaimana dengan pintu garasi besi?

Kelebihan Pintu Garasi Besi

Salah satu kelebihan pintu garasi besi adalah bahannya yang kuat. Namun, bagi sebagian orang, kelebihan ini identik dengan pintu yang berat. Hal ini bisa disiasati dengan memilih merek yang tepat dan terpercaya seperti WINA-SS. Dengan harga yang cukup terjangkau, pintu garasi merek ini pun lebih praktis, dan sudah lengkap berikut komponen pendukungnya, sehingga Anda tidak perlu repot mencari satu per satu masing-masing komponennya. Perawatan pintu garasi besi juga relatif mudah.

Sebelum menentukan, kenali dulu apa saja yang perlu dipertimbangkan saat memilih pintu garasi besi.

  • Kebutuhan

Setiap rumah memiliki kebutuhan keamanan yang berbeda, dan hal tersebut bisa disesuaikan dengan pintu garasi yang akan dipilih. Apakah rumah Anda membutuhkan pintu garasi, atau cukup dengan pintu gerbang saja? Atau, jenis dan bahan apa yang dibutuhkan rumah Anda?

Pertanyaan-pertanyaan serupa biasanya muncul, dan Anda bisa mulai mencari jawabannya untuk membuat keputusan. Pastikan Anda benar-benar memilih yang Anda butuhkan, bukan yang diinginkan. Pasalnya, yang terpenting nantinya adalah fungsi dari pintu garasi itu sendiri.

  • Jenis Material

Terdapat banyak jenis material pintu garasi yang dapat dipergunakan. Misalnya saja, untuk rumah yang membutuhkan keamanan lebih, material besi yang kuat dan kokoh bisa dipilih. Namun, jika mementingkan estetika dengan material yang mudah dibentuk, pintu garasi kayu bisa jadi pilihan.

Sementara itu, jika dilihat dari jenis bukaannya, pintu garasi bisa dilakukan dengan sistem lipat, digulung ke atas, atau geser/sliding ke samping tembok garasi (tikung). Mekanisme buka tutup garasi akan sangat bergantung pada kenyamanan Anda dan anggota keluarga, serta fungsi dari garasi itu sendiri.

  • Ukuran

Dengan bangunan konstruksi yang berbeda, setiap rumah juga memiliki ukuran opening garasi yang tidak sama, disesuaikan dengan desain dan kebutuhan masing-masing rumah.

Pintu garasi besi dibuat custom mengikuti ukuran gawangannya. Jadi, pastikan jenis kendaraan dan fungsi garasi terlebih dahulu sebelum memutuskan lebar dan tinggi garasinya. Makin lebar dan tinggi garasi tentu akan menambah kenyamanan, tetapi di lain pihak akan membuang space yang nyatanya tidak dimanfaatkan maksimal.

  • Desain

Desain pintu garasi besi saat ini sudah bisa dibuat dengan cukup beragam. Jika dulu pintu garasi besi identik dengan tampilan kaku, sekarang model pintu bisa lebih variatif dengan adanya inovasi desain, serta adanya teknologi laser cutting. Melalui teknik ini, aksen yang dibuat bisa lebih detail dan unik, hal ini tentu akan mempercantik pintu garasi Anda.

Selain itu, dengan pelapisan dan pewarnaan menggunakan powder coating, pintu garasi dari besi bisa memiliki warna yang lebih beragam. Jadi, meski terbuat dari besi, tampilan pintu garasi bisa tetap cantik dan bisa menyesuaikan dengan desain eksterior rumah.

  • Harga

Unsur harga ini jadi faktor yang cukup penting. Pasalnya, pembuatan pintu garasi memerlukan biaya juga, yang jumlahnya tergantung dari jenis material, ukuran, serta tingkat kerumitan pengerjaan pintu garasi.

Bukan hanya harga pintunya sendiri, tetapi Anda juga perlu menyiapkan dana untuk biaya jasa pemasangan, pembelian aksesori (komponen) pintu garasi, serta biaya tak terduga yang mungkin muncul selama pengerjaan.

Kabar gembiranya, produsen pintu garasi besi sudah menawarkan termasuk komponen (hardware) lengkap, bahkan hingga pemasangannya. Jadi, Anda tinggal menyiapkan gawangan garasi, lalu memilih model dan warna pintunya. Singkatnya, pemesanan pintu garasi besi sudah lengkap hingga terpasang.

  • Perawatan

Dalam memilih sebuah elemen untuk rumah, faktor perawatan adalah yang paling sering diabaikan. Sering kali, pemilik rumah hanya memikirkan perawatan beberapa bulan ke depan, padahal pintu garasi besi bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama, bahkan hingga puluhan tahun.

Inilah alasan Anda perlu mengetahui apa yang perlu dilakukan dalam perawatan pada pintu garasi. Misalnya saja mengetahui waktu yang tepat untuk menambah pelumas pada rel, engsel, dan juga memastikan rel selalu bersih dan kering. Dengan perawatan yang tepat, pintu garasi jadi lebih awet dan itu berarti Anda pun akan menghemat biaya penggantian pintu garasi.

  • Merek

Setelah semua sudah dipertimbangkan dengan matang, langkah selanjutnya adalah memikirkan merek pintu garasi yang terpercaya dan berkualitas, Salah satu yang bisa masuk dalam daftar pilihan Anda adalah WINA-SS. Dengan pengalaman lebih dari 28 tahun dibidangnya, pintu garasi WINA-SS memiliki kepercayaan dan integritas yang tidak diragukan lagi.

Merek ini menyediakan berbagai jenis pintu garasi, komponen rel, roda, engsel, dan aksesori pintu garasi lainnya. Bahkan, WINA-SS menyediakan kebutuhan aksen modern pintu garasi seperti dengan teknik laser cutting. Dengan segala kelengkapan tersebut, berarti Anda tidak perlu lagi mencari aksesori di tempat lain, sebab semua komponen sudah tersedia dengan lengkap.

Pesan Online Pintu Garasi WINA-SS


Adanya pandemi COVID-19 seakan menghentikan banyak kegiatan sehari-hari, termasuk juga dalam melakukan renovasi rumah. Sebagai solusi, WINA-SS menawarkan cara yang lebih cepat dan mudah dalam memenuhi segala kebutuhan komponen maupun pintu garasi melalui situs online https://pintugarasiwinass.com

Selain Anda bisa melakukan pembelian hardware untuk pintu garasi, tersedia pula komponen untuk pintu lipat dan pintu sliding. Anda juga bisa memesan pintu garasi secara online. Dengan mengirimkan ukuran opening garasi, model dan warna pintu yang dipilih, Anda akan dibuatkan gambar kerja (shop drawing). Apabila masih belum pas, Anda pun masih bisa mengajukan revisi hingga merasa sudah sesuai dengan yang Anda inginkan.

Dengan sistem penjualan seperti ini, berarti tidak terjadi terlalu banyak kontak fisik karena sebagian proses pemesanan dilakukan secara online. Pintu garasi berikut komponennya sudah di stel sedemikian rupa hingga dalam kondisi siap pasang.

Sudah terpikir mudahnya memesan komponen maupun pintu garasi WINA-SS?
Anda bisa mulai dengan mencari referensi desain yang Anda inginkan.


Contact Us Via WhatsApp