Memilih Tipe Pintu Garasi Terbaik untuk Kendaraan Kesayangan

October 12, 2020



Bangunan garasi mempunyai fungsi utama sebagai lokasi menyimpan kendaraan kesayangan. Anda perlu memastikan bahwa mobil yang terparkir didalamnya dapat disimpan secara aman. Ada banyak faktor yang harus diperhatikan terkait faktor keamanan garasi. Salah satunya adalah terkait pintu garasi.

Model pintu garasi yang bisa Anda temukan sangat variatif. Anda dapat menjumpai tipe pintu garasi kayu maupun dari material logam seperti besi atau aluminium. Masing-masing tipe pintu itu memang punya kelebihan tersendiri. Namun, jenis mana yang akan memberi manfaat terbaik untuk kendaraan kesayangan Anda?

Keuntungan Pintu Garasi Logam



Besi dan aluminium merupakan dua jenis logam yang paling sering digunakan untuk material pintu garasi. Pada pemakaiannya, Anda bisa memilih pintu yang sepenuhnya menggunakan bahan logam ataupun kombinasi. Saat memilih material pintu ini, Anda juga akan memperoleh tiga manfaat utama, yaitu:

1. Awet dan Tahan Lama

Logam merupakan salah satu jenis material yang mempunyai tingkat ketahanan tinggi. Anda tidak perlu khawatir pintu cepat rusak meski sering terkena panas dan hujan. Selain itu, logam yang merupakan jenis material yang tak mudah rusak akibat goncangan ataupun benturan.

Ketahanan material logam mampu bertahan sangat lama, apalagi kalau Anda melakukan perawatan dengan baik. Cara merawatnya juga sangat mudah. Produk pintu WINA bisa Anda rawat cukup dengan melakukan pencucian dengan air. Selain itu, juga relatif mudah membersihkan noda di permukaaan. Setelah melakukan pencucian pastikan pintu terjaga agar tetap kering.

Dengan cara perawatan tersebut, pintu garasi bisa terlihat bagus meski sudah berusia tahunan. Warnanya juga bisa bertahan dengan baik untuk jangka waktu yang lama. Pada umumnya pelapisan dan pewarnaan pintu jenis ini menggunakan teknik powder coating untuk hasil yang lebih optimal.

2. Elegan dan Modern

Penggunaan pintu garasi dari material logam memberi manfaat dalam mendapatkan kesan yang elegan dan modern pada tampilan rumah. Terlebih, teknik powder coating pada produk pintu WINA memberi keleluasaan bagi Anda dalam memilih warna.

Tersedia berbagai pilihan warna, dari warna putih (terang), abu-abu, coklat, hingga warna hitam (gelap). Warna putih sering jadi pilihan untuk memberi kesan modern. Warna charcoal grey biasa dipilih untuk tampilan gaya modern minimalis atau kontemporer. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan berbagai motif untuk membuatnya terlihat lebih elegan. Kombinasi elegan dan modern itu membuat pintu jenis ini sering digunakan pada rumah-rumah mewah.

3. Fleksibel

Material logam juga memberi kemudahan berkaitan dengan fleksibilitas penggunaannya. Anda bisa memilih pintu besi dalam berbagai pilihan model sesuai keinginan. Model tampilannya sangat variatif, seperti pintu untuk rumah bergaya mediterania, kontemporer, minimalis, dan lain sebagainya. 

Penggunaan teknik laser cutting juga semakin memberi kebebasan dalam proses pemilihan model pintu. Teknik ini dilakukan dengan bantuan komputer sehingga mampu menyelesaikan pemotongan pola yang sangat rumit secara akurat dan presisi. Dengan begitu, Anda pun bisa berkreasi secara bebas. 

Kelebihan Pintu Garasi Kayu



Sebagaimana pintu garasi berbahan logam, penggunaan material kayu juga menawarkan keuntungan tersendiri. Ada tiga kelebihan utama yang bisa Anda peroleh saat menentukan pilihan pada pintu garasi kayu, yaitu:

1. Menghadirkan Nuansa Alami

Kalau pintu besi menawarkan kesan modern, lain halnya dengan pintu garasi kayu. Penggunaan bahan alami membuat suasana rumah terlihat natural. Ditambah lagi, pemakaian material kayu juga memberi kesan adem. Manfaat ini tentunya sangat penting, terutama di daerah tropis seperti Indonesia.

Selain memberi kesan alami di dalam rumah, pemakaian pintu garasi berbahan kayu juga menjanjikan penampilan tak kalah elegan. Kayu merupakan bahan yang sangat mudah dimodifikasi. Oleh karena itu, Anda punya pertimbangan untuk mempercantik penampilan pintu dengan berbagai ukiran, mulai dari ukiran sederhana hingga motif yang rumit.

2. Tak Mudah Rusak

Umumnya, kayu memang punya tingkat ketahanan lebih rendah dibanding besi. Namun, situasinya bakal berbeda kalau Anda menggunakan kayu berkualitas tinggi yang telah menjalani proses pengolahan sehingga awet.

Berkat proses pengolahan tersebut, pintu kayu tidak mudah lapuk. Anda juga tidak perlu khawatir dengan adanya serangan rayap setelah bahan dilakukan pengolahan dengan baik. Selain itu, daya tahan tingginya juga membuat pintu garasi kayu ini lebih tahan dari perubahan cuaca yang terjadi.

3. Harga Dapat Disesuaikan Anggaran

Keuntungan selanjutnya, Anda dapat menyesuaikan penggunaan pintu kayu sesuai dengan kondisi keuangan. Secara umum, harga material kayu yang bagus memang relatif lebih mahal dibandingkan bahan besi. Harga tersebut bergantung dari jenis dan tingkat kelangkaannya.

Dengan begitu banyaknya pilihan jenis kayu di pasaran, Anda dapat menentukannya sesuai dengan anggaran. 

Melalui pertimbangan kelebihannya masing-masing, Anda pun bisa menentukan keputusan untuk memakai pintu garasi berbahan kayu atau besi. Namun, apa pun pilihannya, pastikan Anda menggunakan produk pintu garasi maupun komponen (hardware) WINA, apalagi WINA terkenal sebagai produsen rel, komponen maupun pintu garasi besi berkualitas sejak tahun 1993.

WINA memang terkenal sebagai spesialis produsen pintu garasi besi. Namun, Anda juga dapat memanfaatkan komponen WINA untuk pintu geser/sliding ataupun lipat yang berbahan kayu, aluminium dan upvc. Dengan penggunaan komponen tersebut, pintu garasi kayu terlihat lebih kokoh dan nyaman digunakan.

Selanjutnya, Anda dapat memilih berbagai desain pintu garasi, baik yang memakai material kayu, besi ataupun aluminium. Sesuaikan model dan warna pintu garasi dengan tema rumah yang diusung, seperti misalnya konsep rumah bergaya mediterania, minimalis, kontemporer, klasik, dan lain sebagainya.

Nah, itulah kelebihan dari masing-masing material kayu dan besi untuk pintu garasi.
Semoga bermanfaat!


Contact Us Via WhatsApp