Punya Rumah Gaya Minimalis? Sandingkan dengan Pintu Garasi Minimalis

October 17, 2021


Rumah dengan desain minimalis sudah lama menjadi pilihan favorit bagi banyak orang. Karena tidak memiliki detail yang terlalu rumit, desain rumah minimalis tidak lekang oleh waktu.

Minimalis adalah segala sesuatu yang identik dengan kesederhanaan, fungsional, dan tertata rapi, serta erat dengan kemajuan teknologi. Dalam perkembangannya, minimalis modern memiliki pengertian lain, yaitu sesuatu yang didesain unik, rapi, bersih tanpa banyak ornamen, sangat presisi, bisa ditambahkan warna yang berani agar lebih tampak menarik.

Nah, untuk melengkapi rumah konsep minimalis, Anda bisa menyandingkan desain eksteriornya dengan pintu garasi minimalis. Saat ini, terdapat banyak sekali desain dan model pintu garasi yang modern tetapi tetap fungsional.

Beberapa faktor yang tidak boleh dilewatkan saat memilih pintu garasi minimalis adalah:
  • Model dan warna
  • Sistem bukaan pintu
  • Material yang memiliki durabilitas tinggi
  • Komponen (hardware) yang sesuai
  • Maintenance (perawatan)

Maka dari itu, kalau Anda sedang mempersiapkan untuk pembuatan pintu garasi, pastinya banyak hal yang perlu dicatat dan dipertimbangkan. Kira-kira, apa saja hal tersebut?


Karakteristik Pintu Garasi Minimalis

Pertama, mari kita kenali karakteristik pintu garasi minimalis. Pada desain yang minimalis, biasanya tidak terdapat terlalu banyak detail. Seperti namanya, desain minimalis ini menerapkan metode seminimal mungkin dalam menerapkan gaya dan warna. Desain pintu garasi minimalis cenderung polos dan berpola garis vertikal atau horisontal.

Perhatikan Kelebihan dan Kekurangan Bahan Pintu

Selain dari desain, material yang akan Anda gunakan pun sangat berpengaruh. Misalnya saja, bahan kayu dengan finishing alami mungkin akan membuat pintu terlihat tua, tetapi bandingkan jika Anda menggunakan warna hitam, pintu garasi akan terlihat lebih modern. Jadi, meski menggunakan bahan yang sama, kesan yang ditimbulkan bisa berbeda.

Anda juga perlu mengingat bahwa setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saat memilih, pastikan Anda tahu cara mengatasinya. Pintu garasi minimalis dari kayu mungkin saja lapuk atau diganggu rayap dalam waktu jangka panjang. Maka, Anda harus memilih kualitas kayu terbaik, atau mengatasinya dari awal hal-hal yang mungkin terjadi.

Pertimbangkan Fitur

Sebuah pintu garasi perlu memiliki jenis dan fitur yang mudah digunakan oleh seluruh anggota rumah. Penambahan motor otomatis, remote control, atau sensor mungkin perlu ditambahkan apabila dirasa perlu.

Misalnya bagi orang yang sering bepergian sendirian menggunakan mobil, fitur otomatis menggunakan remote control mungkin dibutuhkan. Jadi, pemilik rumah tidak perlu menyulitkan diri dengan naik turun kendaraan saat akan menbuka atau menutup pintu garasi.

Secara umum, berikut adalah beberapa inspirasi pintu garasi minimalis:

  • Pintu Garasi Kaca

 
Model ini lebih nyaman digunakan jika garasi terdapat didalam pagar gerbang yang memadai, atau cluster yang aman. Hal ini akan terlihat modern dan elegan, pintu garasi dengan tambahan bahan kaca memberikan cahaya lebih ke dalam garasi. Namun, pastikan Anda membersihkannya secara rutin agar tetap berfungsi maksimal.

  • Pintu Garasi Laser Cutting


Pemotongan (cutting) dengan teknik laser merupakan inovasi teknologi yang sering kali diaplikasikan dalam dekorasi interior maupun eksterior untuk material yang terbuat dari metal. Uniknya, Anda bisa memotong pola apa pun pada material tersebut agar mendapatkan aksen yang cantik. Selain unik, tentunya akan menjadikan hunian Anda terlihat lebih berkarakter dan berbeda dari yang lain.

Untuk hal ini, merk WINA-SS sudah lama menjadi pelopor, dan Anda bisa menyampaikan mengenai desain laser cutting ini saat melakukan konsultasi. Pengerjaan laser cutting mampu mewujudkan kreasi desain Anda yang unik, didukung dengan mesin dan sistem komputer yang canggih.

  • Pintu Garasi Perforated


CNC (Computer Numerated Controlled) Punch adalah mesin punching (untuk melubangi material) sesuai dengan bentuk dan ukuran yang diinginkan. Bentuk lubang apapun dapat dihasilkan sesuai dengan tools atau pisau yang tersedia, misalnya bentuk lingkaran, kotak, dan sebagainya.

Dikarenakan model perforated bersifat netral dan modern, kini banyak dimanfaatkan sebagai desain pintu garasi untuk mendapatkan kesan minimalis. Diameter dan jarak antar lubang bisa diatur sesuai keinginan, sehingga pintu garasi model perforated menjadi salah satu pilihan untuk rumah bergaya minimalis. 

  • Pintu Garasi Panel


Bagi Anda yang menghendaki pintu garasi tertutup rapat karena adanya berbagai alasan, model kombinasi panel maupun desain material yang dibuat rata bisa menjadi pertimbangan. Selain terlihat ringkas, pintu model ini bisa menjadi tampak modern dan elegan dengan permainan warna kontras.

  • Pintu Garasi Frame


Pintu garasi minimalis dengan aksen vertikal maupun horisontal bisa dilakukan dengan permainan frame sederhana yang dibuat tegak atau mendatar.
Jika dibuat dengan detail dan desain yang tepat, model frame yang simple ini bisa menjadi tampilan yang modern, dan memiliki nuansa minimalis kental dengan pola garis lurus.

Saat ini, desain minimalis cukup identik dengan warna monokrom seperti hitam, abu-abu, atau putih. Namun, Anda bisa bereksperimen dengan memberikan warna yang tidak terlalu terang tetapi mudah dikenali seperti kuning gading, kuning kecoklatan, ivory, atau charcoal.
Warna lain yang tidak umum akan memberikan kesan unik sekaligus memberikan identitas secara keseluruhan pada rumah Anda. Yang terpenting, desain pintu garasi minimalis harus berjalan beriringan dengan fungsi dan kebutuhan.

Bagaimana Mencari Referensi?


Saat ini, tersedia banyak referensi yang bisa didapatkan melalui media sosial seperti Instagram, Pinterest, dan lain sebagainya. Anda pun bisa mencari dari mesin pencari paling populer yaitu Google. Sebaiknya, cari dengan kata kunci yang mirip dengan rumah secara keseluruhan, apakah pintu garasi minimalis, modern, tropis, atau rustic misalnya. Banyak hal yang bisa Anda temukan disana.

Bagaimana, sudah menemukan desain yang cocok? 
Sekarang saatnya berkonsultasi dengan produsen pintu garasi terbaik, WINA-SS.


Contact Us Via WhatsApp