Tips Membeli Pintu Garasi dan Komponen secara Online yang Tepat

June 27, 2020



Ketika membangun atau mendesain rumah, kita selalu memperhatikan detail tata letak ruangan sampai ke pemilihan cat. sayangnya, hanya sedikit dari kita yang memperhatikan bagian garasi. Padahal, bagian ini tidak hanya dipakai untuk menyimpan mobil saja, jika desainnya tepat dan menarik akan menambah estetika dan nilai bangunan.

Memilih pintu garasi ternyata memerlukan perhatian, apalagi setiap rumah memiliki spesifikasi dan ukuran yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pilih pintu garasi yang berkualitas, gunakan bahan terbaik, yang mudah perawatan, serta hardware atau komponennya mudah didapatkan.

Kalau Anda ingin memiliki pintu garasi yang tidak hanya berkualitas, tapi juga estetik. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini.


Tips Membeli Pintu Garasi secara Online


Selama ini saat membuat pintu garasi, Anda sering kali menyerahkan semuanya kepada orang yang mungkin tidak menguasai tentang pintu garasi. Hasilnya, pintu yang diberikan sering tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Akhirnya penggantian atau renovasi harus dilakukan agar semuanya sempurna baik secara fungsi maupun estetikanya.

Nah, ngomong-ngomong masalah pintu garasi. Saat ini Anda sudah bisa memesannya secara online. Pesanan pintu berikut hardware atau komponennya secara lengkap akan dikirim langsung ke rumah. Kalau Anda ingin mencoba memesan secara online, simak tips dibawah ini.


1. Lakukan Pengukuran secara Akurat



Sebelum memesan produk pintu garasi secara online, ada baiknya untuk melakukan pengukuran. Pengukuran yang paling penting adalah lebar dan tinggi openingan garasi. Pengukuran harus dilakukan dengan akurat agar pemesanan produk yang dibuat tidak salah.

Saat ini penyedia layanan pintu garasi memberikan tinggi pintu sampai 300 cm. Ada juga yang ketinggiannya bisa dibuat hingga 500 cm. Lebar pintu jadinya tentu bervariasi, tergantung dengan lebar dari garasinya. Umumnya lebar akan dibagi dengan banyaknya daun pintu untuk mendapatkan ukuran yang sesuai.

Kalau Anda ingin memiliki pintu garasi jenis geser ke samping tembok atau biasa disebut sistem tikung, ukuran akurat dari garasi harus dibuat. Misal lokasi garasi tidak memiliki bentuk lurus yang sempurna. Hal ini perlu dilakukan agar pembuatan daun pintu hingga relnya bisa sesuai dengan kondisi aktual. Apalagi pemesanan dilakukan secara online.
Kabar baiknya, ada beberapa pemasok pintu garasi dapat memberikan free survey untuk kota atau daerah tertentu. Mungkin salah satu ada pada kota Anda.


2. Pilih Bahan yang Sesuai



Bahan yang digunakan untuk membuat pintu garasi sangat beragam. Namun, Anda bisa memilih sendiri kira-kira mana yang cocok untuk konsep rumah secara keseluruhan. Biasanya masing-masing produsen pembuat pintu garasi menyediakan jenis bahan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. 

Pintu garasi yang ada di pasaran umumnya adalah bahan kayu, besi, aluminium hingga upvc. Kalau Anda menginginkan pintu yang bersifat natural dan mudah dibentuk, jenis kayu bisa digunakan. Namun, jika butuh bahan dengan durabilitas yang tinggi, efisien dan kuat, jenis bahan besi bisa menjadi pilihan. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan desain dan juga fungsi.


3. Tentukan Konsep Bukaan Pintu Terlebih Dahulu



Konsep bukaan pintu garasi ada beberapa jenis. Beberapa yang paling sering digunakan saat ini adalah jenis geser, tikung dan lipat. Dua model ini cocok digunakan karena garasi cukup lebar bagian openingannya. Misal memakai jenis pintu swing tentu tidak cocok, apalagi lebar dari garasi bisa lebih dari 3 meter.

Sebelum memesan pintu garasi, pastikan terlebih dahulu ingin menggunakan jenis bukaan pintu seperti apa. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Untuk ruko, showroom atau gedung pertemuan, jenis lipat bisa dipilih. Namun, kalau untuk garasi dirumah atau untuk alasan praktis buka-tutup pintu setiap hari, Anda bisa memilih jenis geser atau tikung yang memiliki rel tikung kesamping tembok.


4. Memilih Produsen yang Kredibel



Produsen yang kredibel juga harus dipertimbangkan kalau Anda ingin memesan secara online, apalagi yang dibeli adalah pintu garasi. Harga untuk keseluruhan bisa sampai puluhan juta rupiah untuk jenis terbaik. Oleh karena itu, hanya pilih produsen yang terpercaya dan memiliki banyak pengalaman. 

Produsen pintu garasi ada banyak di berbagai kota. Namun, produsen yang benar-benar berpengalaman dan memberikan kualitas terbaik hanya sedikit. Salah satu produsen yang memberikan hal itu adalah Wina-SS. Jadi, pertimbangkan baik-baik dan pelajari semua produknya.


5. Mempertimbangkan Lokasi Pemasangan 



Jangan samakan membeli pintu garasi dengan membeli barang lain yang kecil. Kalau hanya sekedar beli pakaian saja, Anda tidak perlu sampai memikirkan beratnya, ongkos kirim juga hanya beberapa puluh ribu rupiah saja. Namun, kalau beli pintu garasi dengan jumlah banyak daun, ekspedisi dan berat kiriman juga harus dipikirkan.

Itulah kenapa saat membeli pintu garasi, Anda harus menanyakan lokasi produsen. Apabila ada pusat atau dealer terdekat di kota Anda akan lebih baik. Jadi, pengambilan atau pemasangan pintu bisa lebih dekat. 


6. Harus ada Garansi



Garansi harus benar-benar ada pada setiap produk pintu garasi. Nah, garansi ini bisa dalam bentuk ketebalan bahan pintu, keakuratan dalam pembuatan, termasuk kesesuaian dengan desain order. Pastikan produsen menawarkan ini agar Anda tidak was-was jika produk yang nantinya dikirim tidak sesuai dengan pesanan.

Produk pintu garasi biasanya dihitung per daun, dengan harga sekitar Rp3-5 juta per daunnya. Bayangkan kalau misalnya ada 4-10 daun pintu dan banyak terjadi masalah. Maka, jika tidak memilih produsen pintu garasi yang kredibel dan berpengalaman, Anda bisa mengalami kerugian yang lebih besar. 


7. Manfaatkan Diskon dan Promosi Khusus



Beli secara online memiliki kelebihan sendiri daripada beli langsung. Disamping lebih praktis dan tidak harus mengunjungi toko fisik yang kadang-kadang menghabiskan biaya dan waktu dalam perjalanan. Pembelian secara online kerap memberikan diskon harga, juga biasanya ada potongan harga dalam bentuk nominal tertentu.

Produsen pintu garasi sering memberikan potongan harga khusus di aplikasi atau promo bundling. Sebelum membeli produk, pastikan pelajari promo yang sedang berlangsung terlebih dahulu. Kalau pas kebetulan ada, Anda harus memanfaatkannya dengan baik. Apalagi ada potongan harga atau gratis ongkos kirim.


Cara Membeli Komponen Pintu Garasi yang Tepat



Selain membeli pintu garasi, Anda juga harus membeli hardware atau komponen pendukung pintu. Tanpa komponen ini Anda tentu tidak dapat melakukan pemasangan. Maka selalu pilihlah komponen dengan kualitas terbaik agar pintu bisa berfungsi maksimal dan tidak mudah rusak.

Komponen pintu bisa dibeli dimana saja. Namun, khusus pintu garasi dengan desain dan kapasitas khusus tentu tidak bisa dilakukan sembarangan. Oleh karena itu, simak cara belinya dibawah ini.


1. Beli di Produsen Resmi



Ada banyak produsen yang menawarkan produk komponen untuk pintu garasi maupun pintu lipat. Anda bisa membelinya secara langsung di pusat distribusi resminya, sehingga menjamin produknya orisinil. Bukan produk imitasi atau campuran (kanibal) yang ada diluaran sana, yang dibanderol dengan harga lebih murah.

Beli di toko offline juga bisa, tetapi pastikan beli pada toko yang memang dikenal menjual produk resmi. Jangan membeli sembarangan karena bisa membuat pintu bermasalah. Lebih baik beli yang orisinil dan berkualitas agar lebih kuat dan awet.


2. Beli secara Online



Tidak semua orang memiliki waktu untuk membeli komponen pintu garasi secara langsung. Apalagi barang yang dicari memang banyak dan sulit untuk didapatkan. Jalan satu-satunya untuk mengatasi masalah ini adalah beli secara online. Anda bisa memesan hardware atau komponen yang diinginkan di marketplace atau platform jual-beli.

Membeli secara online akan memberikan kemudahan. Namun, memiliki resiko kalau produknya tidak asli. Oleh karena itu, pilih toko yang merupakan marketplace resmi. Dengan begitu, produk yang akan anda beli terjamin kualitasnya. Cek juga apakah akun itu memang resmi atau hanya menggunakan nama produknya saja.


3.  Pertimbangkan Jenis Komponen



Tidak semua pintu garasi memiliki jenis yang sama. ada beberapa jenis pintu yang komponennya berbeda-beda. Perbedaan ini biasanya terletak pada ukuran diameter as roda, sayap roda, sampai warna powder coating sayapnya. Beli yang ukurannya benar-benar sesuai untuk pintu garasi Anda.

Kita ambil contoh Anda menggunakan daun pintu tinggi maksimal 300 cm. dan lebar 58-70 cm. dengan berat pintu hingga 60 kg. Kalau menggunakan daun pintu jenis ini maka komponen yang digunakan bisa memakai Wina type W-580. Produk ini menggunakan as roda diameter 1/2 inch dan tebal sayap plat 3 mm.


4. Produk Harus Memiliki Garansi



Produk yang akan dibeli haruslah memiliki garansi selama beberapa tahun atau kurun waktu tertentu. Hal ini harus diperhatikan karena saat membeli produk, kita tidak tahu apakah produk tersebut benar-benar terbaik atau tidak. Oleh karena itu meminta garansi adalah hal yang harus anda lakukan saat beli.

Komponen yang berkualitas untuk masing-masing jenis bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Jika Anda mempunyai daun pintu yang jumlahnya lebih dari 4 daun, harga dari komponen bisa jutaan rupiah. Maka pastikan produk yang dibeli berfungsi baik semuanya.


5. Beli yang All in



Saat ini beberapa produsen untuk pintu garasi sudah menawarkan layanan all in, artinya saat pembuatan daun pintu dilakukan, mereka juga menjualnya bersama dengan komponennya. Jadi, satu paket daun pintu sudah lengkap semuanya. Saat diterima, Anda tinggal memasangnya saja, atau bisa dibantu pasang oleh produsen, tinggal terima beres.

Salah satu produsen yang memberikan sistem paket ini adalah Wina-SS. Apabila Anda sudah menyiapkan daun pintunya, misal menggunakan bahan kayu, maka sudah tersedia paket komponennya. Jadi, Anda tidak perlu pusing-pusing beli komponen satu per satu. Semua bisa dibeli secara paket, komponen pintu garasi untuk 4 hingga 8 daun pintu.



Keunggulan Pintu Garasi Wina-SS



Pintu garasi Wina telah dipercaya oleh developer-developer terkemuka di Indonesia serta dari sekian banyak pelanggan-pelangannya sejak puluhan tahun yang lalu. Hal ini bisa terjadi karena banyak keunggulan yang ditawarkan. Nah, apa saja keunggulan dari produk dan layanan dari Wina-SS, simak selengkapnya.

  • Tahan terhadap Cuaca

Saat merencanakan interior dan eksterior rumah seperti pintu atau jendela, faktor cuaca harus dipertimbangkan. Pasalnya, cuaca akan mempengaruhi kondisi dari produk yang hendak dipasang. Misal saat suhu tinggi, bahan yang digunakan akan mengalami pemuaian dan sebaliknya pada suhu rendah akan mengalami susut.
Produk dari Wina-SS aman dari dua hal ini. Pamuaian atau susut mungkin tetap terjadi, tetapi sangat tidak signifikan. Dampaknya, pintu garasi tidak akan mengalami muai susut atau perubahan bentuk berarti.
Memiliki produk yang tahan cuaca sangat penting di Indonesia. Pasalnya, musim tertentu akan ada perubahan suhu, sehingga panas dan hujan bisa muncul bergantian. Hal ini bisa merusak material khususnya yang terbuat dari bahan yang rentan.

  • Tidak Mudah Lapuk dan Tahan Lama

Bahan yang dipakai untuk pembuatan pintu garasi harus berkualitas. Dampak kondisi seperti pelapukan setelah dipakai bertahun-tahun tidak akan terjadi. Jadi, beli sekali saja bisa digunakan untuk jangka waktu yang sangat lama. Kecuali Anda melakukan renovasi dan pintu harus dilepas.
Kemampuan durabilitas yang baik ini sama halnya dengan penghematan. Anda tidak perlu mengganti atau mengeluarkan biaya ekstra untuk perawatan. Pintu dari bahan besi ini juga dikenal anti rayap!

  • Mudah Dirawat dan Dibersihkan

Pintu garasi akan sering terkena air, debu, atau kotoran dari mobil seperti oli. Kalau tidak segera dibersihkan biasanya akan terus menempel dan merusak keindahannya. Pada beberapa kasus bahkan bisa menyebabkan kerusakan.
Kalau Anda menggunakan pintu garasi Wina-SS, kotoran yang menempel akan mudah dibersihkan. Perawatan juga mudah dilakukan, cukup memakai peralatan sederhana saja.

  •  Finish Powder Coating

Pintu garasi Wina-SS menggunakan finish powder coating. Pelapisan ini dilakukan dengan menggunakan serbuk khusus yang diproses dengan pencucian menggunakan larutan kimia khusus untuk menghilangkan kotorannya, kemudian dimasukkan ke dalam oven dengan suhu hingga 200 derajad celcius. Serbuk ini akan melekat kuat pada permukaan benda seperti logam.
Powder coating juga memberikan warna yang cerah dan tidak berubah secara signifikan untuk jangka waktu yang lama. Bahan ini setelah menempel pada pintu juga ramah lingkungan dan aman untuk semua pengguna.



Kemudahan Membeli Pintu Garasi Wina secara Online



Keunggulan dari Wina-SS sudah dirasakan oleh banyak penggunanya di seluruh Indonesia. Demi mendekatkan layanan kepada pelanggan, saat ini Wina-SS sudah bisa dipesan secara online.
Berikut cara membeli produk pintu garasi maupun komponennya secara online.

  1. Pilih platform yang bisa digunakan untuk pembelian. Wina-SS menawarkan pembelian produk melalui website dan aplikasi. Untuk aplikasi, Anda bisa mengunduh di Play Store atau App Store dengan nama sama. 
  2. Melakukan pendaftaran akun. Lakukan di salah satu platform saja, misal dilakukan di website. Nantinya, akun tersebut juga bisa digunakan dimana pun. Login dan lakukan prosesnya sampai selesai baru melakukan pencarian produk.
  3. Setelah memiliki akun, Anda bisa mencari produk-produk Wina dan SS yang diinginkan. Dalam pencarian ada produk dari berbagai jenis untuk komponen pintu dan paket komponen lengkap.
  4. Baca terlebih dahulu deskripsi dari produk yang ada dengan seksama.
  5. Perlu diingat bahwa harga adalah satuan untuk komponen atau set untuk sistem paket.
  6. Masukkan item barang yang dibutuhkan ke keranjang belanja. Kemudian lakukan checkout dan pembayaran dengan mengikuti metode pembayaran yang tersedia.
  7. Setelah pembayaran divalidasi, selanjutnya adalah proses persiapan dan pengiriman produk.
  8. Anda yang ada di Jakarta dan Surabaya bisa menikmati kemudahan dengan adanya titik distribusi. Pastikan mengetahui syarat dan ketentuannya.

Membeli pintu garasi maupun komponen memang memerlukan perhatian khusus. Namun, kalau Anda menggunakan produk dari Wina-SS, segalanya akan lebih mudah, apalagi dengan adanya fasilitas belanja secara online.

Pintu Wina sudah melayani pelanggan sejak 1993, artinya kepercayaan masyarakat terhadap kualitas produknya sangat tinggi. Tidak mengherankan kalau saat ini Wina-SS mulai merambah pemasaran secara online. Jadi, pengguna dan pelanggan di seluruh Indonesia bisa membelinya dengan mudah. 


Contact Us Via WhatsApp