Mengapa Sistem Tikung? : Pintu Garasi Tikung (bagian 1)

May 27, 2018

Tangerang, Wina-SS - Seperti yang sudah diketahui, pintu garasi menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sebuah rumah. Hal ini membuat pintu garasi memegang peranan penting dalam tampilan sebuah rumah. Perencanaan dan pemilihan material, model serta warna pintu garasi yang tepat dapat menambah keindahan dan nilai tambah (added value) rumah anda.
  
Hal tidak kalah pentingnya adalah menentukan sistem bukaan pintu garasi. Beberapa sistem bukaan yang umum diantaranya adalah sistem sliding/geser, sistem lipat, buka ke arah atas, dan buka ke arah samping (tembok), yang biasa kita kenal dengan sistem tikung.


Sistem Sliding/Geser



Sistem sliding/ geser yang dimaksud adalah sistem dorong ke arah samping kiri atau kanan. Sistem ini memerlukan lahan garasi yang luas agar dapat dibuka sepenuhnya. Jika lahan garasi terbatas, maka pintu garasi sliding ini tidak dapat dibuka "full" tetapi hanya sebagian saja dari lebar opening garasi, dengan menggunakan rel ganda tentunya. Sistem ini pada umumnya jarang digunakan untuk bukaan pintu garasi.

Sistem Lipat



Umumnya pintu garasi sistem lipat dilakukan apabila bukaan ke arah samping sudah tidak memungkinkan lagi, seperti adanya struktur balok melintang yang menghalangi pintu garasi pada saat dibuka. Atau tidak ada tempat untuk dudukan rel atas yang disebabkan oleh balok melintang tadi, sedangkan untuk menurunkan balok atas/kongliong (red: janggutan) tidak memungkinkan lagi karena tinggi opening garasi sudah terlalu rendah, sehingga alternatifnya adalah sistem lipat luar.

Sistem buka ke arah atas



Sistem buka ke arah atas umumnya hanya dapat dilakukan dengan bahan material yang relatif ringan, dan biasanya harus dibantu motor pada saat pintu garasi di buka tutup. Tentu hal ini akan menambah biaya ekstra. Sistem ini mempunyai tampilan pintu garasi yang menarik dan berbentuk solid, tetapi tidak mempunyai variasi design yang banyak.

Sistem Tikung 



Sedangkan pintu garasi sistem tikung adalah yang paling umum dan banyak dipergunakan. Sistem ini dipilih dengan alasan efisiensi ruangan dan praktis dalam hal buka tutup pintu garasi itu sendiri. Disamping itu, bisa dilakukan dengan design yang lebih variatif dan attractive menggunakan berbagai macam material untuk bahan pintu garasi, juga faktor kekuatan dan keamanan menjadi bahan pertimbangan.
Dengan pertimbangan kelebihan dan kekurangan masing-masing sistem tersebut, serta kondisi lapangan dan fungsi pintu garasi, anda dapat memilih material, model, warna dan sistem bukaan pintu garasi yang tepat dan sesuai dengan gaya, tampilan dan kebutuhan rumah anda.

Sumber : Pinterest
  
Baca juga:
Ukuran Standard Garasi :
Pintu Garasi Tikung (Bagian 2)
  
Rel dan Komponen :
Pintu Garasi Tikung (Bagian 3)
   
Rel & Komponen Pintu Lipat